Saturday, 11 May 2013

Bingung Antara Pakai Blogspot Atau Worpress




                Akhir-akhir ini gue jadi galau ? eitss, sekarang mau coba posting artikel pakai bahasa gaul. Pakai kosa kata gue dan elu supaya lebih akrab menyapa sobat di blog ini dan semoga bisa dipahami ya. Ini juga curahatan isi hati saya tentang memilih blog mana yang mau dipakai dan fokus. Sebenarnya lebih tepat kalau dibalang ini dilema antara 2 penyedia layanan blog gratis. Seperti kita ketahui blog gratis yang paling sering di gunakan di indonesia oleh para mastah adalah blogspot dan wordpress. Okey yang membuat gue dilema ada beberapa hal, mari kita bahas sama-sama gan. Dibawah ini saya utarakan kelebihandan kekurangan antara blogspot dan wordpress yang menurut saya bikin dilema.
Bingung Antara Pakai Blogspot Atau Worpress



“KELEBIHAN BLOGSPOT”

1.      Yang pertama menurut gue blogspot itu mudah dan gampang. Kata orang bilang user friendly ( Kalau gak salah ya tulisannya ). Mudah akrab dengan kita, apalagi kalau pemula yang makai mudah dipahami. Mudah untuk memanajemen banyak blog sekaligus.
2.      Blogspot itu milik google, jadi menurut gue pasti lah google memperlakukan blogspot seperti anak kandung nya sendiri. Dan blog lain seperti anak orang lain, pasti blogspot lebih di perilakukan spesial dimata google. Itu juga menurut saya.
3.      Blogspot membolehkan penggunanya untuk mengikuti bisnis online seperti google adsense (GA), atau juga bisnis affiliate yang menaruh link refferal disetiap artikel kita. Tidak seperti wordpress yang tidak memperbolehkan penggunanya untuk menaruh link affiliate dan iklan di blog mereka. Jadi wordpress itu sangat disarankan untuk blogger yang tidak mencari duit dari bisnis online.
4.      Blogspot lebih mudah kalau kita menggunakan teknik SEO untuk mengatur alt teks pada gambar juga mudah. Dan sebagainya.

“KEKURANGAN BLOGSPOT

1.      Ini adalah kekurangan blogspot yang paling gue tidak suka. Yaitu kolom komentarnya tidak membentuk thread seperti di forum. Misalkan thread kaskus, dimana bila kita membalas komentar pengunjung maka akan berada di bawah komentar pengunjung tadi dan sedikit digeser kesebelah kanan supaya menggambarkan bahwa itu jawaban dari admin atau orang lain. ( Komentar Balasan). Coba kalian bandingkan sendiri fitur komentar di wordpress dengan di blogspot. Kalau saya pasti milih komentar di wordpress.
·         Baca manfaat memanajemen komentar di blog*
2.      Para mastah sudah jarang menggunakan blogspot dan lebih milih wordpress. Alasan para mastah menggunakan wordpress adalah, mungkin wordpress lebih handal daripada blogspot dengan berbagai macam plugin yang disediakan oleh wordpress seperti plugin auto post ke lintas.me setiap ada posting baru. Tapi sangat saya sayangkan sekali fitur ini berbayar. Ya, setara saja sih dengan hasil yang digunakan.
3.      Etah ini terjadi hanya pada saya, atau juga saya yang tidak bisa menggunakan blogger. Setiap ada pengunjung yang berkomentar berupa pertanyaan di blog saya. Selalu saya jawab, dan setelah itu mereka tidak lagi menanggapi jawaban saya. Pertanyaan saya ! apakah blogspot memang tidak mengirimkan e-mail pemberitahuan bahwa saya sudah membalas komentar mereka ? saya juga bingung. Atau juga mereka adalah para spammer yang hanya berkomentar dan tidak akan mereka hiraukan lagi dibalas atau tidak komentar mereka.

“KELEBIHAN WORDPRESS”

1.      Wordpress sangat banya digunakan oleh mastah yang profesional dan juga punya banyak modal untuk beli hosting dan domain.
2.      Banyak plugin pendukung.
3.      Theme yang mantap ketika dilihat oleh pengunjung.
4.    Adanya kolom komentar yang membentuk thread dan juga e-mail pemberitahuan. Orang yang berkomentar juga disuruh memasukkan data seperti nama, e-mail, dan url. Kalau diblogspot Cuma nama dan url, jadi tidak tau e-mail orang lain. Padahal e-mail orang sangat penting untuk kita berpromosi blog atau untuk keperluan lainnya.

“KEKURANGAN WORDPRESS”

1.      Kalau wordpress.com tidak keren kalau menggunakan domain gratis. Coba baca alamat bog ini juragan.wordpress.com sangat susah di ingat ketimbang juragan.blogspot.com pengucapan wordpress sangat susah karna menggunakan double s. Mayoritas orang indonesia sangat susah mengingat hal-hal seperti ini. Ini berpengaruh ketika kita ingin nama blog kita di ingat banyak orang sedangkan kita hanya bisa menggunaka domain gratisan.
2.      Worpress berbayar dan saya tidak suka itu, kecuali suatu saat saya sudah punya modal untuk beli domain dan hosting mungkin saya akan berpindah kelain hati untuk memilih wordpress ketimbang blogspot.

Cukup panjang ya pembahasan dari saya, semoga kata-kata yang saya tulis bisa dimengerti sobat. Lagi-lagi gaya menulis saya kacau, di awal menggunakan kata gue dan sekarang menggunakan kata saya. Mungkin sudah kebiasaan kalau menulis menggunakan kata saya. Sekarang tiba pada keputusan saya yang terakhir. Setelah saya pikirkan kekurangan dan kelebihan blogspot atau wordpress saya memutuskan untuk tetap menggunakan blogspot. Alasan saya domain gratis tidak masalah, coba kalian lihat blog “terselubung.blogspot.com”. blog tersebut adalah blog yang sangat sukses, meskipun masih menggunakan domain blogspot dan ironisnya blog tersebut hanya mengandalkan artikel copas dari blog lain ! WoW, pertama kali tahu juga saya heran, tapi setelah diselidiki saya jadi tau penyebabnya kenapa. Mungkin nanti saya akan buka rahasia blog terselubung dilain waktu. Kalau diposting disini nanti kepanjangan, kalau ada salah kata mohon ma’af dan sampai berjumpa lagi sobat.  

Share: