Sunday, 16 February 2014

Cara Menentukan Kuliah atau Kerja

Kuliah atau kerja adalah sama-sama pilihan yang harus ditentukan sejak sekarang, sebelum lu lulus dari sekolah. Gue baru aja selesai UKK (Uji Kompetensi Kejuruan) bisa juga disebut Ujian Praktik untuk siswa SMK. Gue emang anak SMK, dan lu pasti sudah tau ketika anak SMK lulus tujuannya mau kemana. Ya iyalah, mulai dari dulu bahkan semenjak gue belum masuk SMK. Gue udah tau kalau SMK itu selalu menggembor-gemborkan SMK siap kerja. Dan gue tertarik masuk SMK karena janji siap kerjanya itu. Dan lu juga pasti sudah tau apa selogan yang selalu di ucapkan oleh SMK, yaitu SMK BISA !!
Sekarang pertanyaannya siswa SMK bisa apa ?
Ya banyak sih kebisaannya, itu tergantung jurusan yang di ambil. Seperti gue yang mengambil jurusan Akuntansi Keuangan. Nah yang anehnya itu, kenapa sekarang anak SMK banyak yang memilih kuliah setelah lulus.
 
Cara Menentukan Kuliah atau Kerja
Ilustrasi - Sumber Images
Jujur gue kecewa, gue memilih SMK karena gue dari dulu ingin bekerja setelah lulus. Menurut gue ini penipuan, kenapa waktu sosialisasi SMK gak dibilang aja kalau SMK siap kerja akan tetapi kalau lu gak kuliah lu tidak akan mendapat kesempatan kerja sebesar orang yang kuliah terlebih dahulu. Ya kan ?

Gue pengen kerja karena gue udah tau kalau gue lulus, gue gak bakalan mampu untuk ngelanjutin kuliah. Tapi sekarang ketika gue mau lulus, temen-temen gue banyak yang udah merencanakan mau kuliah. Gue ngerti kenapa mereka pengen kuliah. Coba lu liat dikorang-koran. Kalau ada lowongan pekerja, pasti sangat jarang yang dicari itu anak SMK. Pasti minimal adalah S1 dan S2.

Gue bingung, kenapa gak pemerintah aja yang nyiptain lapangan pekerjaan khusus buat lulusan SMK. Kan pemerintah sendiri yang bikin SMK dan mereka yang menyatakan SMK siap kerja. Mereka juga dong yang menyediakan pekerjaan buat lulusan SMK.

Ditulisan gue yang berjudul Cara Menentukan Kuliah atau Kerja. Gue gak akan merincikan cara-caranya secara berurutan seperti artikel di blog-blog tetangga. Tapi ini cuman pemikiran gue tentang cara menentukan pilihan setelah lulus sekolah. Biar lu sendiri yang mencari makna tersirat dalam tulisan gue ini.

Untuk sekarang ini gue memutuskan untuk memilih mencari kerja setelah lulus. Gue tetap konsisten pada pilihan gue saat pertama masuk SMK. Gue bertekad mau mencari kerja untuk meringankan beban orang tua gue yang telah membiayai pendidikan gue mulai dari kecil gue sekolah TK, SD, SMP, sampai SMK ini. Mungkin setelah gue punya uang dari hasil kerja, baru gue melanjutkan pendidikan agar bisa naik derajat dan naik gajih tentunya.

Tapi kemarin waktu UKK ada kejadian yang membuat gue berpikir kembali, mau kuliah atau kerja ya ? kan yang jadi pengawas ujian gue adalah dosen dari kampus. Nah katanya si dosen itu mau ngangkat gue jadi anaknya. Dan gue nanti di biayain kuliahnya.
Nah kalau gini ceritanya sih lain lagi. Bukannya ge gak konsisten mau kerja, tapi kalau di tawarin kuliah dan gratis di biayain, siapa juga yang mau nolak ?
Kesempatan gak akan datang dua kali bro ?

Entahlah, tapi katanya si dosen itu mau nyeledikin dulu asal-usul gue. Waduh, gue udah kaya buronan KPK aja di selidikin dulu. Yang jelas gue jalanin aja dulu, biar waktu yang menjawab semuanya. Sekarang yang harus gue lewatin tinggal 2 lagi. Tinggal UAS (Ujian Akhir Sekolah) dan UN (Ujian Nasional).
Semoga gue bisa, gue pasti bisa!!

Kalau lu gimana ? mau kuliah atau kerja ?
Kenapa mau kerja, kenapa mau kuliah ?
Kasih komentar ya, semoga #SuksesUN2014 J ~ @nafarinm
Share: