Tuesday, 6 May 2014

Komunitas Blogger yang Ada di Indonesia

Salah satu teknik blogger agar tulisannya mempunyai banyak pembaca adalah bergabung dengan komunitas blogger. Untuk blogger pemula kita bisa minta bantuan kepada para anggota komunitas blogger untuk membaca tulisan kita, dan meminta saran atau kritik agar blog kita berkembang semakin baik. Akan tetapi bagi blogger yang sudah terkenal jika tidak ingin bergabung kedalam komunitas blogger juga tidak masalah, bahkan seorang blogger terkenal bisa saja membuat komunitas sendiri dengan mengandalkan kepopulerannya.

Logo Komunitas Blogger Indonesia
Logo Komunitas Blogger Indonesia

Bagi teman-teman yang juga blogger pemula seperti saya, ada baiknya kalian bergabung dengan beberapa komunitas blogger yanga ada di Indonesia. Kalian bisa sharing dan berbagi ilmu disana, pokoknya asik deh.

Berikut ini beberapa komunitas blogger Indonesia yang saya ketahui dan saya juga sudah bergabung dengan mereka.
1.    Blogger Banua
Logo Blogger Banua
Logo Blogger Banua

Komunitas yang satu ini adalah komunitas blogger lokal dari Kalimantan Selatan yang berpusat di Banjarmasin. Saya bergabung dalam komunitas ini sudah lama, akan tetapi mungkin resmi bergabungnya sekitar 4 bulan yang lalu. Tepatnya ketika kopdar pertama malam tahun baru. Itupun hanya sedikit yang datang, nasib saya malang sekali. Saya belum terlalu dikenal disana, karena masih banyak senior-senior dari Blogger Banua yang belum saya temui. Kebanyakan saya berkomunikasi dengan sesama anggota di grup facebook resmi Blogger Banua.

Berikut ini kontak yang bisa dihubungi jika kalian mau bergabung dengan Blogger Banua.

Website Resmi          : www.bloggerbanua.com
Grup Facebook        : https://www.facebook.com/groups/bloggerbanua/
Twitter                      : @bloggerbanua
Ketua saat ini            : Muhammad Rudy


2.    Kancut Keblenger
Logo Kancut Keblenger
Logo Kancut Keblenger

Saya tidak ingat pastinya saya bergabung dengan komunitas Kancut Keblenger. Yang saya ketahui Kancut Keblenger adalah komunitas blogger Indonesia yang diketuai oleh seorang cwe. Kancut Keblenger juga sudah pernah menerbitkan buku yang berjudul “Digital Love”. Kalau tidak salah, buku itu adalah kumpula tulisan dari anggota komunitas yang dikumpulkan jadi satu.

Berikut ini kontak yang bisa dihubungi jika kalian mau bergabung dengan Kancut Keblenger.

Website Resmi          : www.kancutkeblenger.com
Grup Facebook        : https://www.facebook.com/groups/kancutkeblenger/
Twitter                      : @kancutkeblenger
Ketua saat ini            : Irvina

3.    Jamban Blogger
Logo Jamban Blogger
Logo Jamban Blogger

Komunitas blogger yang ketiga adalah Jamban Blogger. Yang saya tau dari komunitas ini adalah, Jamban Blogger adalah forum untuk para blogger Indonesia yang di ketuai oleh Hena Wirasatya. Ya, saya juga berteman dengan ketuanya di facebook. Tapi entah kenapa Chat saya ga pernah dibalas sama dia. Mungkin saya kurang ganteng kali ya. L

Berikut ini kontak yang bisa dihubungi jika kalian mau bergabung dengan forum Jamban Blogger.

Website Resmi          : www.jambanblogger.com
Grup Facebook        : -
Twitter                      : @jambanblogger
Ketua saat ini            : Hena Wirasatya

4.    Blogger Energy
Logo Blogger Energy
Logo Blogger Energy

Komunitas blogger yang terakhir yang saya tau adalah Blogger Energy. Kemarin tepatnya tanggal 05 Mei 2014 baru saja saya mendaftarkan diri. Semoga saja di approve sama adminnya. Ada yang unik dengan komunitas yang satu ini. Ketika ada blogger yang ingin mendaftar maka adminnya memberikan syarat bahwa blogger tersebut harus mempunyai blog yang bergenre atau niche personal. Jadi jika kalian tidak punya personal blog, maka kalian tidak akan diterima disana. Personal blog dalam pengertian saya adalah sebuah blog yang membahas tentang kehidupan blogger sehari-hari. Blog yang berisi download software, tutorial, dan sejenisnya tidak termasuk blog personal.

Syarat ini bagi kebanyakan blogger memang begitu memberatkan, akan tetapi hal ini membuat semua anggota Blogger Energy adalah blogger yang sungguh-sungguh. Sebab, saat ingin mendaftar saja sudah rela menulis artikel sebagai persyaratan menjadi anggota baru Blogger Energy. Bisa saya katakan komunitas yang satu ini, anggotanya sudah kompeten dalam membuat artikel.

Saat saya mendaftar menjadi anggota Blogger Energy. Saya sudah membuat artikel yang berjudul Alasan Memilih Menjadi Blogger Personal. Semoga saja adminnya suka, dan langsung mengapprove saya. J

Berikut ini kontak yang bisa dihubungi jika kalian mau bergabung dengan Blogger Energy.

Website Resmi          : www.bloggerenergy.com
Grup Facebook        :https://www.facebook.com/groups/bloggerenergy
Twitter                      : @BloggerEnergy
Ketua saat ini            : -

Itulah 4 komunitas blogger yang ada di Indonesia yang saya ketahui. Halaman ini akan terus saya update jika ada komunitas blogger yang saya temukan lagi. Saya tekankan sekali lagi komunitas blogger sangat penting untuk seorang blogger personal. Karena komunitas blogger adalah salah satu sumber trafik, berbeda dengan blogger yang mengandalkan trafik dari SEO dan Sosial Media. Kalau blogger pemula bisa mengandalkan trafik dari komunitas blogger. Kalian bisa mention judul artikel kalian ke twitter komunitas blogger di atas. Dan nanti, kalau kalian beruntung maka mention kalian akan di retweet oleh adminnya.

Oh ya kalau main twitter jangan lupa follow twitter blog saya @nafarinm_blog ..
Kalau mau di follback mention aja..


Monday, 5 May 2014

,

Alasan Memilih Menjadi Blogger Personal

Hai… Hai.. teman..

Perkenalkan nama saya Nafarin Muhammad panggil saja saya farin. Okey kemarin sama mau gabung ke salah satu komunitas blogger Indonesia yang menamakan dirinya Blogger Energy, dan ternyata untuk bergabung ke dalam komunitas tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi harus melalui beberapa proses meditasi dulu. Seperti bertapa ke gue hira di arab. Sampai lari-lari digurun sahara. Hhehe

Alasan Memilih Menjadi Blogger Personal
Ilustrasi Alasan Memilih Menjadi Blogger Personal


Setelah melakukan berbagai proses tersebut, ternyata ada satu proses lagi. Yaitu membuat artikel dengan tema ”SALAM SAPA BLOGGER PERSONAL”. Isi artikelnya kurang lebih mengulas “apa alasan memilih menjadi blogger bergenre/niche personal?”

Alasan saya sih simple aja, sebenarnya setiap blogger itu diwajibkan mempunyai blog yang bergenre personal. Kenapa ?

Karena menurut survei saya, *ini serius* (jgn samakan sama dgn Cak Lontong ya) setiap website juga mempunyai blog. Misalnya Twitter, tau gak twitter juga punya blog loh !!

Ya isinya itu tentang update dari fitur-fitur terbaru dari twitter.

Nah sekarang saya mau ngasih saran kepada blogger yang pernah daftar di Blogger Energy tapi ditolak oleh adminnya hanya karena kalian tidak memiliki blogger personal.

Saya mengerti dengan mereka yang di tolak itu, mereka mempunyai situs tutorial, download, dan sbgainya. Mereka itu adalah blogger yang menghasilkan uang dari blog. Mereka menyediakan download di blog mereka, lalu mereka pasang iklan dan akhirnya mereka manghasilkan duit.

Menurut saya, sah saja membuat blogger dengan tema download, tutorial, dsb.

Tapi saya sarankan untuk mereka, buat juga personal blog.

Lalu apa dong isi personal blog ?

Misalkan seorang blogger  mempunyai 2 genre/niche blog. Yang satu blog download, dan satunya lagi personal blog.

Untuk personal blog ini kalian bisa menceritakan pengalaman kalian dalam mengelola blog download itu. Atau juga kalian mendapatkan penghasilan pertama dari blog download itu, share trik nya di personal blog kalian. (Itu kalau anda baik hati sih).

Sama juga dengan saya. Saya ini sebenarnya juga punya blog selain blog ini. Di blog itu rencananya saya mau pasang iklan biar dapat penghasilan. Tapi saya tetap mempunyai personal blog. Jadi personal blog ini khusus menceritakan tentang hidup saya atau disebut dengan blog primer. Dan saya juga punya blog kedua saya (Sekunder) yaitu Tips Kesehatan Terkini.

Ada lagi gak alasannya ?

Alasan saya yang kedua adalah, Insya Allah saya bercita-cita ingin menerbitkan buku seperti penulis idola saya bang Raditya Dika (@radityadika) , Brilli Agung (@BriliAgung), dsb. Nah untuk membuat buku itu, juga tidak mudah. Tapi tidak memerlukan meditasi seperti di atas. Tapi memerlukan banyak latihan menulis, dan disinilah tempat latihan saya, yaitu blog personal saya ini. Makanya blognya saya namakan Nafarin Muhammad’s Personal Blog.

Nanti ketika banyak orang yang suka dengan tulisan saya. Barulah saya menerbitkan buku, ya semoga saja kesampaian ya. Doakan ya !!

Mungkin itu saja alasan saya kenapa saya memilih blog yang bergenre atau niche personal. Dan hal ini saya rasa sangat perlu untuk dibahas ulang di artikel saya selanjutnya. Artikel yang khusus membahas kegalauan para blogger untuk memilih genre/niche blog yang sesuai dengan mereka.

Soal meditasi diatas hanya bercanda, sorry ya admin Blogger Energy. Mohon di approve saya udah join di grup facebook.

*Artikel ini ditulis sebagai persyaratan untuk join kedalam komunitas Blogger Energy.
*Bagi blogger yang pengen gabung juga, silahkan klik banner Blogger Energy di bawah ini.

Photobucket